Kontraktor Elektrikal Dirangkai Mekanikal Menjadi Kontraktor ME

Kontraktor elektrikal sangat peting perananya dalam setiap pembangunan gedung, umumnya tidak terlepas dari hal – hal yang berhubungan dengan listrik. Dalam sebuah gedung biasanya akan dipasang hal – hal berbau kelistrikan, misalnya lampu, pembangkit listrik, lift, dan lain sebagainya.
Kontraktor merupakan suatu badan usaha yang sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang, terutama yang bekerja dalam bidang pembangunan. Kontraktor sering disebut sebagai sinonim dari pemborong. Kontraktor merupakan pelaksana dalam proyek konstruksi. Badan usaha ini bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan konstruksi yang diberikan oleh pemilik proyek.
Sedangkan elektrikal berarti prinsip ilmu yang mencakup hal – hal yang yang memerlukan tenaga listrik di dalam penerapannya.
Kontraktor elektrikal bisa diartikan sebagai pelaksana proyek pada bidang elektrikal yang telah dipilih oleh pemilik proyek serta telah menandatangi perjanjian sebelumnya. Biasanya tugas kontraktor elektrikal dirangkai dengan kontraktor mekanikal menjadi tugas kontraktor ME. Adapun tugas – tugas tersebut adalah:
- Memasang instalasi listrik pada gedung atau bangunan proyek konstruksi.
- Memasang berbagai mesin pada bangunan proyek. Mesin – mesin tersebut diantaranya adalah mesin lift, mesin pompa air, mesin air mancur, dan mesin – mesin lainnya yang tentu saja harus memerhatikan prinsip mekanikal elektronika.
- Memasang instalasi elektrikal yang meliputi telepon, jaringan internet, tata suara gedung, dan sejenisnya.
Kontraktor Elektrikal
- Memasang pendingin ruangan atau yang dikenal dengan AC (air conditioner). Tentu saja AC dipasang di dalam bangunan. Biasanya letak AC menempel di plafon menggunakan instalas ducting dengan mesi AHU. Bisa juga berupa AC split yang ditempel di dinding.
Secara singkat, hal – hal yang dikerjakan oleh jasa kontraktor eletrikal dalam suatu proyek adalah instalasi listrik, instalasi telepon, instalasi tata suara (sound system), instalasi pendeteksi kebakaran (fire alarm), instalasi CCTV (closed circuit television), instalasi MATV, instalasi jaringan data, dan sebagainya.
Kontraktor Elektrikal

Beberapa perusahan kontraktor elektrikal (ada pula yang merangkap mekanikal) yang ada di Indonesia adalah PT Duta Karya Indonesia, PT Duta Trimarta Pratama, PT Dwidaya Aneka Teknik, PT Dwiwahana Handayaprima, CV Elang Sakti, PT Elektrikal Cahaya Planel, PT Silka Bangun Harja, PT Alkonusa Teknik Interkon (Elektrikal), dan banyak perusahaan lainnya.

Subscribe to receive free email updates: