Kontraktor Jembatan Persyaratan Perencanaan Yang Harus Dipenuhi

Kontraktor jembatan yang membangun jembatan yang merupakan salah satu infrstruktur yang sangat penting bagi manusia. Misalnya pada saat menyebrangi sungai, tentu sangat perlu adanya jembatan sebagai perantara kedua daratan yang dipisahkan oleh sungai. Atau saat hendak menyebrangi jalan raya, akan lebih efisien dan aman jika melewati jembatan penyebrangan daripada menunggu kendaraan tidak berlalu lalang lagi.
Definisi jembatan menurut KBBI adalah jalan (dari bambu, kayu, beton, dan sebagainya) yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya); titian besar. Selain itu, jembatan bisa juga didefinisikan sebagai suatu struktur konstruksi yang menghubungkan dua bagian jalan yang terputus karena terdapat rintangan/ hambatan seperti lembah, sungai, aliran irigasi, dan sebagainya.
Kontraktor jembatan adalah badan usaha yang melaksanakan proyek yang berkaitan dengan jembatan yang telah disepakati bersama pemilik proyek. Tentu saja, sebelumnya telah dilakukan perjanjian.
Perencanaan jembatan dapat dipenuhi oleh kontraktor dengan melaksanakan beberapa hal berikut :
1. Survei dan investigasi
Pengamatan terhadap lokasi dimana jembatan akan dibangun sangat perlu dilakukan. Kondisi lokasi merupakan acuan bagaimana konstruksi jembatan harus dibuat
2. Analisis data
Analisis data yang dilakukan setelah melakukan survei dapat berupa analisis lalu lintas, analisis hidrologi, analisis data tanah hingga analisis geometri.
Kontraktor Jembatan
3. Pemilihan lahan untuk penempatan jembatan
Pembangunan jembatan diusahakan tidak menghabiskan lahan yang terlalu luas. Bentang jembatan dipilih yang terpendek. Selain itu, perlu menghindari lokasi belokan sungai dan abutment yang tinggi.
4. Penentuan Bahan Jembatan
Tidak kalah penting dengan poin sebelumnya, bahan jembatan yang dipilih tentu harus memiliki kualitas yang memadai dan cocok dengan jenis konstruksi jembatan yang akan direalisasikan.
Bagian konstruksi jembatan yang harus diperhatikan oleh kontraktor jembatan terdiri dari :
Kontraktor Jembatan
5. Konstruksi bagian atas (super structures), yang meliputi :
1. Trotoarsebagai sandaran dan tiang sandaran, peninggian tiang trotoir/ kerb, konstruksi trotoir.
2. Lantai kendaraan dan perkerasan
3. Balok diafragma / ikatan melintang
4. Balok gelagar
5. Ikatan pengaku (ikatan angin, ikatan rem, ikatan tumbukan)
6. Perletakan (rol dan sendi)

6. Konstruksi bangunan bawah (sub structures), yang meliputi :
Satu pangkal jembatan/ abutment dan pondasi 2 pilar/ pier dan pondasi.
Beberapa perusahaan kontraktor jembatan yang menangani pengerjaan jembatan adalah PT Bangun Cipta Kontraktor, PT Sumber Jaya Makmur, CV Safari Makmur, dan masih banyak lagi.

Subscribe to receive free email updates: