Kontraktor Mekanikal Berikut Tugas Yang Dilaksanakan Kontraktor ME

Kontraktor mekanikal merupakan suatu badan usaha yang asing lagi di telinga setiap orang, terutama yang bekerja bukan dalam bidang pembangunan. Karena itu berikut ini kami sajikan seperti apa tugas dan tanggung jawab kontraktor mekanikal ini, sehingga kita yang awam dapat memahami dan memanfaatkan dengan benar.
Ada pula yang disebut kontraktor ME atau kontraktor Mekanikal Elektrikal. Mekanikal sendiri adalah prinsip ilmu yang mencakup hal – hal mekanis. Intinya, ilmu ini memerlukan prinsip-prinsip mekanis dalam penerapannya. Biasanya tugas kontraktor mekanikal serangkai dengan kontraktor elektrikal. Oleh karena itu, hadirlah kontraktor ME.
Jadi dalam sebuah proyek konstruksi, tugas kontraktor mekanikal elektronik adalah mengatur hal – hal yang terkait dengan bidang mekanikal dan elektronik tersebut.
Secara lebih rinci, ada beberapa hal yang dilaksanakan oleh kontraktor ME, diantaranya adalah:
1. Memasang instalasi listrik pada gedung atau bangunan proyek konstruksi.
2. Memasang berbagai mesin pada bangunan proyek. Mesin – mesin tersebut diantaranya adalah mesin lift, mesin pompa air, mesin air mancur, dan mesin – mesin lainnya yang tentu saja harus memerhatikan prinsip mekanikal elektronika.
3. Memasang instalasi elektrikal yang meliputi telepon, jaringan internet, tata suara gedung, dan sejenisnya.
Kontraktor Mekanikal
4. Memasang pendingin ruangan atau yang dikenal dengan AC (air conditioner). Tentu saja AC dipasang di dalam bangunan. Biasanya letak AC menempel di plafon menggunakan instalas ducting dengan mesi AHU. Bisa juga berupa AC split yang ditempel di dinding.
Peluang kerja kontraktor ME ini cukup besar dalam bidang konstruksi, terutama konstruksi gedung. Hampir seluruh gedung yang akan dibangun membutuhkan tenaga ahli di bidang mekanikal dan elektrikal sebagai komponen penting dalam terlaksananya proyek.
Kontraktor Mekanikal

Ada beberapa sistem yang umum digunakan dalam sistem ME pada gedung, yaitu sistem plumbing, sistem pemadam kebakaran (fire fighting), sistem transportasi vertical (lift), sistem elektrikal, sistem penangkal petir, sistem fire alarm (fire protection), sistem telepon, sistem tata suara (sound system), sistem data, sistem CCTV, sistem MATV BAS, dan sistem listrik automatic (masih jarang).
Ada banyak kontraktor mekanikal (merangkap elektrikal) di Indonesia, diantaranya adalah PT Jaga Citra Inti, CV Jaya Abadi Utama, PT Jayantara Artha Mandiri, PT Mega Eltra [Medan Branch], PT Mega Tirta Amerta, dan ain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates: