Kontraktor Rumah Sakit Berikut Jenis Rumah Sakit Di Bangun Kontraktor

Kontraktor rumah sakit merupakan perusahaan konstruksi yang mengkhususkan pada bangunan gedung rumah sakit, dimana memiliki fasilitas kesehatan. Kontraktor jenis ini merupakan pelaksana dalam proyek konstruksi rumah sakit. Badan usaha ini bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan konstruksi yang diberikan oleh pemilik proyek.
Bersumber dari Wikipedia, rumah sakit berarti institusi perawatan kesehatan professional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga kesahatan ahli lainnya.
Kontraktor rumah sakit berarti badan usaha atau pelaksana proyek konstruksi pada pembangunan rumah sakit.
Berikut beberapa tugas dan fungsi rumah sakit :
- Melaksanan pelayanan medis dan pelayanan penunjangnya.
- Melaksanan pelayanan medis tambahan dan pelayanan penunjangnya.
- Melaksanakan pelayanan medis khusus.
- Melaksanan pelayanan rujukan kesehatan.
- Melaksanakan penyuluhan kesehatan.
- Membantu pendidikan tenaga medis umum.
- Membantu pendidikan tenaga medis spesialis.
- Membantu penelitian dan pengembangan kesehatan.
- Dan sebagainya.
Kontraktor Rumah Sakit
Ada beberapa jenis kontraktor rumah sakit, diantaranya rumah sakit umum, rumah sakit terspesialisasi, rumah sakit penelitian/ pendidikan, rumah sakit lembaga/ perusahaan, dan klinik. Berikut jenis rumah sakit yang dapat di bangun oleh kontraktor rumah sakit.
- Rumah sakit umum
Biasanya rumah sakit umum memiliki kapasitas rawat inap yang cukup besar untuk perawatan intensif maupun jangka panjang. Kelengkapan fasilitas di dalamnya sesuai kemampuan penyelenggaranya. Biasnya fasilitas yang melengkapi adalah fasilitas bedah, fasilitas bedah plastik, fasilitas bersalin, laboratorium, dan lain sebagainya.
- Rumah sakit terspesialisasi
Rumah sakit ini melayani kepentingan khusus seperti trauma center yang menangani trauma, rumah sakit anak yang tentu untuk anak – anak, dan rumah sakit terspesialisasi lainnya.
Kontraktor Rumah Sakit

- Rumah sakit penelitian/pendidikan
Rumah sakit ini biasanya merupakan rumah sakit umum yang terkait penelitian dan pendidikan di suatu fakultas kedokteran dari suatu universitas.
- Rumah sakit lembaga/perusahaan
Rumah sakit ini didirikan oleh suatu lembaga/perusahaan dengan tujuan melayani pasien yang merupakan anggota lembaga atau karyawan perusahaan tersebut.
- Klinik
Klinik memiliki fasilitas medis yang lebih kecil yang hanya melayani keluhan tertentu.
Karena fungsi rumah sakit yang sangat krusial, para kontraktor rumah sakit berupaya membangun rumah sakit yang tahan akan bencana seperti gempa bumi. Konstruksi semacam ini disebut ‘Konstruksi Laba - Laba’.
Salah satu rumah sakit yang sedang dibangun dengan Jasa Pelaksana Konstruksi adalah RSUD M. Zein Painan. Kontraktor rumah sakit ini adalah PT Waskita Karya dengan konsultannya adalah PT Virama Karya.

Subscribe to receive free email updates: