Pengadaan Jasa Konstruksi Bangunan Terdiri Perencanaan, Anggaran, Waktu

Tahapan dalam pengadaan jasa konstruksi bangunan! Mengeksekusi sebuah pengadaan proyek konstruksi bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika klien telah percaya sepenuhnya kepada jasa yang kita berikan. Tentunya hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk kita selaku penyedia jasa.
Dalam setiap proyek konstruksi pastilah selalu menghadapi hambatan-hambatan seperti ketimpangan pada rencana anggaran, sulit memantau progress, sulit dalam memantau laba rugi proyek, sulit dalam mengetahui ketersediaan alat dan bahan. Kesulitan-kesulitan ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sumber daya manusia dan letak geografis suatu wilayah.
Oleh karena itu, agar pengadaan jasa konstruksi bangunan bisa berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya :
1. Perencanaan
Dalam mengerjakan apapun, perencanaan merupakan pondasi utama. Jika perencanaan matang, maka hasilnya pun akan gemilang. Sebaliknya, jika perencanaan awut-awutan, maka hasil yang mengikuti pasti tidak jauh dari kata kegagalan.
Oleh karena itu, dalam pengadaan jasa konstruksi bangunan perlu adanya perencanaan yang matang meliputi anggaran dana, jadwal pengerjaan, material-material serta pengelolaan alat-alat proyek, dan siapa saja yang akan menjadi sasaran pekerja.
Pengadaan Jasa Konstruksi Bangunan
2. Anggaran Dana
Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah masalah anggaran. Dalam setiap kerja sama baik proyek biasa maupun raksasa, MoU masalah anggaran pasti tetap ada. Disinilah management dan efisiensi nilai guna dibutuhkan.
Dalam menentukan anggaran pengadaan jasa konstruksi bangunan ada banyak hal yang harus kalian perhatikan. Mulai dari harga barang sampai kepada kemungkinan tidak terduga lainnya misal harga material yang mendadak mengalami kenaikan. Kalian harus sudah menerapkan manajemen risiko dalam setiap langkah yang akan kalian ambil. Alangkah lebih mudahnya jika kalian memiliki skala prioritas dalam anggaran.
3. Waktu Pengerjaan
Setelah perencanaan dan anggaran matang, waktunya tahap pengerjaan Perusahaan Konstruksi. Dalam tahap pengerjaan ini, kalian harus memiliki perhitungan yang benar-benar tepat. Sehingga proyek tidak mangkrak dan bisa selesai tepat pada waktu yang telah disepakati sebelumnya.
Menjadi pihak yang dipercaya sebagai pengadaan jasa konstruksi bangunan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, justru disinilah ajang kalian untuk belajar seberapa tepat perhitungan yang kalian miliki. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: