Perusahaan Konstruksi Jembatan Sederhana Berbahan Kayu

Pembuatan jembatan oleh perusahaan konstruksi jembatan akhir-akhir ini sedang digalakkan, terutama untuk memperlancar aktivitas perekonomian suatu wilayah. Adanya jembatan juga membantu dalam pertumbuhan sektor-sektor lain dalam suatu daerah yang terpisahkan oleh rintangan alam seperti sungai, lembah, dan sebagainya. Banyak bahan yang digunakan sebagai bahan utama dalam membuat jembatan salah satunya kayu. Dewasa ini penggunaan kayu sebagai bahan pembuatan jembatan permanen sudah mulai ditinggalkan. Kini jembatan lebih banyak menggunakan konstruksi beton dalam pembangunannya. Namun, dibalik kerentanannya terhadap pelapukan, perusahaan konstruksi jembatan memilih berbahan kayu juga memiliki keunggulan.
1. Pembangunan Lebih Cepat
Jembatan yang berbahan kayu mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan pengerjaannya. Ini dikarenakan komponen-komponen yang diperlukan tidak terlalu banyak. Biasanya jembatan kayu hanya digunakan sebagai jembatan darurat sehingga tidak perlu konstruksi yang kompleks. Selain itu kayu juga memiliki beban yang lebih ringan dibandingkan dengan kerangka besi sehingga tidak membutuhkan banyak alat dalam pembangunannya. Proses penyambungan kayu untuk jembatan sederhana cukup menggunakan alat berupa bor portabel dengan menambahkan kawat baja untuk menyatukan lapisan-lapisan kayu.
Perusahaan Konstruksi Jembatan Sederhana
2. Pembangunan Membutuhkan Biaya yang Lebih Murah
Perusahaan konstruksi jembatan memilih berbahan kayu membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan konstruksi jembatan berbahan beton. Hal itu dikarenakan kayu mempunyai beban yang relatif lebih ringan sehingga proses pengangkutan tidak memerlukan moda transportasi khusus. Selain itu tenaga berupa sumber daya manusia yang diperlukan juga tidak banyak sehingga memperkecil anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jembatan. Bahan baku kayu dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia sehingga mempermudah pencarian dan menghemat biaya yang diperlukan.
Perusahaan Konstruksi Jembatan Sederhana
3. Tahan Terhadap Karat
Tidak seperti jembatan dengan Jasa Borongan kerangka besi yang sangat rentan akan karat. Jembatan sederhana berbahan kayu tahan terhadap karat. Karat mampu mengikis sedikit demi sedikit lapisan jembatan sehingga kekuatan jembatan semakin berkurang. Lama kelamaan jembatan akan runtuh apabila tidak segera direnovasi. Berbeda halnya dengan jembatan dengan konstruksi kayu yang tahan terhadap karat.
Itulah tiga keunggulan konstruksi jembatan sederhana berbahan kayu yang dapat digunakan perusahaan konstruksi jembatan untuk jembatan darurat. Konstruksi setiap jembatan selalu mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga perlu diperhatikan tujuan pembangunannya.

Subscribe to receive free email updates: