Usaha Jasa Konstruksi Mengenal Jenis Kegiatan Kontruksi Indonesia

Bila berbicara tentang bangunan pastinya berkaitan dengan usaha jasa konstruksi. Dimana konstruksi tersebut meliputi sarana dan prasarana dalam pembangunan bangunan dalam cakupan yang lebih luas. Meskipun kegiatan konstruksi sering diekanl sebagai sebuah pekerjaan, namun dalam kenyataannya konstruksi terdiri dari beberapa pekerjaan yang dirangkai menjadi sebuah unit bangunan. Dengan demikian dalam dunia konstruksi terdapat sub bidang yang dikenal sebagai klaisifikasi.
Dalam dunia konstruksi terdapat istilah usaha jasa konstruksi yang merupakan usaha dalam sektor ekonomi yang berkaitand dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sebuah kegiatan pembangunan bangunan secara fisik. Berkaitan dengan usaha dalam bidang jasa konstruksi maka terdapat Undang-Undang yang juga mengatur tentang cakupan jenis kegiatan yang ada didalam usaha tersebut. Berikut ini akan dijelaskan jenis kegiatan dalam usaha bidang jasa konstruksi di Indonesia yang perlu anda ketahui.
1. Perencanaan Konstruksi
Dalam kegiatan ini, jasa konstruksi memberikan layanan jasa berupa perencanaan di dalam konstruksi yang meluputi rangkaian kegiatan ataupun bagian dari kegiatan. Dimana perencanaan ini meliputi studi pengembangan hingga penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi yang biasanya dikenal dengan konsultan perencanaan. Dalam perencanaan ini biasanya akan dibuat perencanaan terpadu yang meliputi rancangan biaya yang diperlukan, rancang bangun serta efek yang akan terjadi dari pelaksaan konstruksi. Perencanaan yang baik akan sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan konstruksi nantinya.
Usaha Jasa Konstruksi
2. Pelaksana Konstruksi
Maksud dari kegiatan pelaksana konstruksi ini yaitu dengan memberikan layanan jasa dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan maupun bagian kegiatan dimulai dari persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir pekerjaan dari konstruksi tersebut. Untuk kegiatan ini dilaksakan oleh Jasa Bangunan.
3. Pengawasan Konstruksi
Kegiatan konstruksi ini dilakukan dengan memberikan layanan jasa berupa pengawasan baik untuk sebagian maupun secara keseluruhan pekerjaan dari pelaksanaan konstruksi. Kegiatan pengawasan tersebut dimulai dari penyiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir konstruksi.
Demikianlah penjelasan mengenai jenis kegiatan usaha jasa konstruksi yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas tentu kini anda bisa lebih memahami tentang kegiatan dalam jasa konstruksi. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam menggunakan jasa ini untuk hasil pembangunan yang lebih optimal.

Subscribe to receive free email updates: