Bahan Konstruksi Jalan Aspal Sebagai Campuran Bahan Konstruksi

Bahan konstruksi jalan aspalt atau yang dikenal sebagai aspal merupakan bagian dari bahan konstruksi jalan yang sering dipilih untuk mengerjakan konstruksi pada proyek yang dalam kondisi besar seperti halnya landasan pacu bandara, tempat parkir, jalan tol, jalan raya, trotoar dan yang lainnya.
Penggunaan aspal sendiri tergantung pada jenis proyeknya. Jenis aspal sebagai campuran bahan konstruksi jalan dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut jenis – jenisnya yang perlu Anda tahu!
Jenis Aspal Sebagai Campuran Bahan Konstruksi Jalan
Hot Mix Asphalt
Hot Mix Asphalt merupakan bahan konstruksi jalan aspalt yang paling banyak digunakan dalam berbagai proyek pengerjaan jalan. Dalam produksi aspal jenis ini, pengikat dipanaskan sampai berada di suhu yang paling tinggi untuk dapat mengurangi terjadinya viskositas.
Panasnya juga membantu agregat yang digunakan dalam proses produksi untuk kering lebih sempurna serta berupaya dalam menghilangkan semua potensi kelembaban sebelum diberlakukan penampuran dalam pengerjaannya.
Bahan Konstruksi Jalan
Wam Mix Asphalt
Wam Mix Asphalt sangat populer. Wam Mix Asphalt digunakan bahan konstruksi jalan aspalt dalam rangka pengerjaan sekitar 30% proyek dari semua proyek paving. Produksi dari Wam Mix Asphalt tidak dikerjakan pada suhu yang tinggi.
Sebagai gantinya, pengikat dan agregat termasuk lilin tambahan, emulsi aspal dan air dipanaskan sampai dengan suhu antara 200 dan 250 derajad Fahrenheit. Hal ini karena Wam Mix Asphalt tidak dapat mendingin secara cepat, maka bisa diangkut pada jarak yang lebih jauh dalam penggunaannya.
Driveway Mix
Driveway Mix merupakan salah satu jenis aspal yang dirancang oleh Perusahaan Kontraktor secara khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengerjaan proyek paving pada area proyek seperti halnya jalan setapak dan juga di tempat parkir.
1-5 FABC
Berbagai macam perbaikan dan sekaligus proyek perkerasan untuk landasan pacu bandara seringkali menggunakan aspal jenis ini. 1-5 FABC merupakan jenis aspal agregat bitumen halus yang diterapkan dengan konsep lapis.
Itulah jenis aspal sebagai campuran bahan konstruksi jalan aspalt. Semuanya digunakan sesuai kebutuhan dan sesuai kondisi jalan yang akan dibangun.

Subscribe to receive free email updates: