CV Kontraktor Beberapa Hal Harus Dipersiapkan Sebelum Membangun

Memiliki badan usaha CV kontraktor sendiri tentu sangat diinginkan oleh banyak orang. Apalagi jika bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan dan bermanfaat bagi semua orang. Banyak sekai badan usaha yang dapat didirikan oleh orang. Salah satunya adalah mendirikan atau membangun CV. Walaupun membangun CV harus dimodali oleh seseorang ataupun kelompok, tetapi manfaat yang dirasakan juga tidak kalah besarnya. Salah satu CV yang banyak diinginkan untuk dibangun adalah CV Kontraktor.
Sebelum membangun CV, terdapat beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Anda tidak bisa sembarangan membangun CV tanpa izin kepada pihak-pihak yang memang dikhususkan untuk mendirikan badan usaha tersebut. Maka dari itu, sebelum membangun CV, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuat akte untuk mendirikan CV. Biasanya pada tahap ini, Anda harus menyerahkan nama CV yang ingin dibuat, nama direktur, dan komanditer. Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan badan usaha adalah dengan anggota minimal 2 orang. Setelah mendaftarkan badan usaha, Anda juga diwajibkan untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
CV Kontraktor
Setelah mengurus NPWP untuk badan usaha yang ingin dibangun, Anda juga harus mendapat pengesahan dari pengadilan. Biasanya hal tersebut akan diurus oleh seorang notaris yang telah Anda tunjuk. Dengan mendapat pengesahan dari pengadilan, maka badan usaha yang Anda buat sudah memiliki izin yang sah untuk dibangun. Selain mendapat izin dari pengadilan, membangun CV Kontraktor juga harus mendapat izin dari HO. Biasanya hal ini digunakan agar badan usaha berjanji tidak mengganggu aktivitas tetangga sekitar. Setelah itu, Anda harus mengurus TDP. TDP bisa dibuat jika izin HO sudah dipenuhi dan ditandatangani.
Kemudian, Anda bisa mendaftarkan diri ke asosiasi yang beranggotakan para Jasa Kontraktor. Namun, untuk masuk anggota asosiasi juga memerlukan syarat seperti harus memiliki akte pendirian CV, NPWP, dan TDP. Hal tersebut penting dimiliki agar bisa mengurus SBU (Sertifikat Badan Usaha). Setelah memiliki SBU, maka Anda akan bisa mengurus IUJK (Izin Usaha Jasa Konstruksi). Dengan melewati tahap-tahap diatas, maka CV Kontraktor yang ingin dibuat dapat terwujud.

Subscribe to receive free email updates: