Jasa Konstruksi Jembatan Beton Yang Paling Banyak Digunakan

Bisa dikatakan jasa konstruksi jembatan beton merupakan konstruksi jembatan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain konstruksinya yang cocok untuk melintasi daerah yang tidak terlalu panjang (15 – 25 meter), jembatan beton juga memiliki banyak kelebihan seperti sifatnya yang kuat, minim perawatan, fleksibel, serta biaya pembangunan yang lebih murah. Prinsipnya juga sederhana, semua beban yang ada di bagian atas jembatan langsung disalurkan melalui bagian superstruktur (atas jembatan), menuju bagian substruktur (bawah Jembatan).
Pada bagian atas jasa konstruksi jembatan beton terdapat beberapa komponen seperti lantai jembatan, tiang-tiang sandaran, dan juga gelagar. Sedangkan bagian bawah meliputi fondasi, abutmen, pilar jembatan, oprit, dan pengaman jembatan. Nah, pada jembatan beton, beton yang digunakan merupakan beton bertulang yang memiliki tebal hingga 25 cm. Beton sendiri dibuat dari campuran berbagai agregat alam meliputi kerikil, pasir, dan bahan perekat yaitu semen. Beton bertulang dipilih karena memiliki sifat kuat, tahan lama, lebih mudah dibentuk, dan tahan terhadap gaya tarik dan gaya geser. Berbeda dengan beton tanpa tulang yang hanya kuat pada gaya tekan saja dan tidak mampu diaplikasikan pada sembarang media.
Jasa Konstruksi Jembatan Beton
Nah, saat membuat jasa konstruksi jembatan beton setidaknya ada dua hal yang harus diperhitungkan yaitu masalah beban primer dan beban sekunder. Beban primer adalah beban yang meliputi beban mati, berat hidup, dan beban kejut. Pengertian beban mati sendiri adalah beban yang dihasilkan dari semua material pembentuk jembatan termasuk lantai jembatan, tiang-tiang, dan lain-lain. Berat hidup meliputi berat yang dihasilkan dari aktivitas di atas jembatan seperti beban kendaraan yang melintas. Sedangkan beban kejut Kontraktor Sipil berarti beban yang yang dihasilkan dari luar seperti getaran, dan tegangan. Lalu untuk beban sekunder meliputi beban sementara yang bisa mengakibatkan tegangan seperti faktor angin, perbedaan suhu, sampai percepatan yang dilakukan kendaraan di atasnya.
Kurang lebih seperti itulah gambaran awal dari jasa konstruksi jembatan beton. Masih banyak hal yang belum masuk pembahasan seputar jembatan beton seperti cara penghitungan beban, penghitungan material, dan lain-lain. Anda bisa mencari sumber referensi yang lebih lengkap di lain tempat.

Subscribe to receive free email updates: