Kontraktor Baja Cara Mendapatkan Proyek Bagi Kontraktor Pemula

Kontraktor baja masih memiliki banyak peluang di dalam dunia konstruksi meskipun tren sudah beralih pada penggunaan beton bertulang. Apabila anda berencana untuk memulai usaha menjadi kontraktor baja yang khusus dalam bidang pengerjaan baja, berikut ini adalah cara-cara yang bisa diterapkan agar segera mendapatkan proyek.
1. Mulai menjadi sub-kontraktor
Dalam sebuah proyek besar seperti apartemen, umumnya tidak dikerjakan oleh satu kontraktor saja. Pemenang proyek akan menjadi main kontraktor, mereka akan mencari perusahaan konstruksi yang kompeten untuk mendukung kinerja selama proses pembangunan, sering disebut sub-kontraktor.
Dalam susunan bagan koordinasi, sub-kontraktor akan berada di bawah kontraktor baja dalam satu kontrak proyek tertentu. Apabila perusahaan anda mempunyai kompetensi di bidang baja, maka ajukan diri untuk menangani paket pekerjaan yang berkaitan dengan baja. Dalam pelaksanaannya, tidak semua subkontraktor itu mempunyai tipe yang sama.
Ada beberapa tipe sub-kontraktor yang perlu diketahui berdasarkan tanggung jawab dalam penyelesaian paket pekerjaan.
a. Hanya menyediakan tenaga kerja saja sehingga tanggung jawabnya sebatas mengawasi pekerja dan menjaga alat-alat konstruksi
b. Perusahaan subkontraktor menyediakan pekerja dan bahan material. Tugasnya akan berkaitan dengan sebagian atau bahkan seluruh paket pekerjaan yang disepakati dengan kontraktor baja.
Kontraktor Baja
2. Membangun hubungan baik (relasi kerja)
Info penawaran proyek konstruksi lebih sering diinfokan ke pekerja yang masuk dalam tim kontraktor utama. Apabila anda punya banyak kenalan di Pelaksana Konstruksi besar atau BUMN, maka bisa lebih mudah meminta rekomendasi dari teman yang bekerja di sana untuk mendaftarkan perusahaan menjadi sub-kontraktor.
Dalam proses pencarian kontraktor baja untuk proyek dengan anggaran besar akan menggunakan lelang dengan syarat dan ketentuan sesuai kebijakan owner. Tetapi, pemilihan sub-kontraktor berbeda, perusahaan konstruksi pemenang tender biasanya akan memilih dengan mempertimbangkan beberapa rekomendasi yang diajukan pegawai, mitra, maupun konsultan.
Bagi perusahaan kontraktor baja yang masih merintis, sebaiknya mulai membangun reputasi baik dengan menjadi sub-kontraktor ataupun menangani tender-tender kecil. Pastikan memelihara hubungan baik dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia pembangunan, karena banyak info dan rekomendasi yang bisa didapatkan terkait penawaran pekerjaan.

Subscribe to receive free email updates: