Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Memilih Kontraktor Konstruksi Untuk Anda

Kontraktor konstruksi yang sesuai impian Anda bukanlah hal sederhana. Terutama bagi Anda yang ingin membangun gedung sendiri dan sedang bingung ingin memilih borongan atau kontraktor. Tentunya jika Anda memilih kontraktor konstruksi pasti memilih yang terbaik.
Masalahnya adalah, bagaimana memilih kontraktor yang baik dan sesuai ekspetasi Anda? Untuk mewujudkan gedung impian Anda, berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk memilih kontraktor konstruksi yang baik.
1. Menentukan Konsep setelah Memilih Kontraktor
Anda pasti memiliki desain gedung yang Anda inginkan. Untuk mewujudkan hal ini, kontraktor pasti akan bekerja sama dengan pihak lain seperti desainer interior. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih kontraktor terlebih dahulu sebelum memutuskan desain yang Anda inginkan.
Karena jika Anda memutuskan konsep dahulu, belum tentu kontraktor dan pihak terkait menyanggupi desain tersebut.
2. Berbadan Hukum
Tentunya Anda tidak ingin menyewa kontraktor konstruksi yang tidak legal, bukan? Pastikan bahwa kontraktor yang akan Anda pilih merupakan badan resmi, memiliki surat izin operasi, hingga memiliki kantor yang jelas.

3. Spesialisasi
Anda memang sebaiknya jangan memfokuskan konsep bangunan gedung Anda terlebih dahulu, tapi bukan berarti Anda tidak boleh memiliki gambaran umum gaya seperti yang diinginkan. Misalnya Anda ingin memilih gaya gedung yang minimalis atau scandinavian, maka pilihlah kontraktor yang sudah ahli di bidang tersebut.
4. Teliti Harga dan Rinciannya
Sebelum mengajukan kontrak, sebaiknya Anda meneliti dahulu rincian biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan. Kontraktor konstruksi tentunya lebih mengetahui mana yang lebih efisien biayanya dengan hasil yang maksimal, tetapi mengenai biaya Anda harus memiliki kontrol penuh sebelum pengerjaan.
5. Membuat Kontrak Resmi
Setelah benar-benar yakin dengan pilihan kontraktor Anda, pilih yang mau membuat kontrak resmi. Kontrak tersebut bisa berisi mulai dari waktu pengerjaan, rincian biaya, material yang digunakan, hingga ke pembayarannya. Jangan asal memilih yang berdasarkan atas rasa percaya.
Itulah cara sederhana dalam memilih kontraktor konstruksi yang tepa bagi gedung Anda. Dengan menerapkan cara tersebut sebelum memilih, diharapkan Anda dapat memilih Jasa Kontraktor yang tepat dan mampu membuat rumah sesuai dengan apa yang diimpikan.