Kontraktor Utama Mengenal Peran Kontraktor Proyek Pembangunan

Selama ini kita mengenal kontraktor utama sebagai pekerja proyek. Hal ini tidak salah tetapi peran mereka pun tidak sebatas itu. Kontraktor adalah sebuah badan hukum atau perusahaan perorangan yang melayani proyek pengerjaan kontruksi, biasanya dalam bentuk borongan, sehingga kerap kali masyarakat menyebut kontraktor sama dengan pemborong. Namun, bisa dikatakan jika kontraktor sebenarnya adalah penyedia jasa pemborong, mereka yang menyediakan jasa pemborong supaya bisa mengerjakan suatu proyek yang diminta owner. Inilah mengapa, dalam susunan kontraktor pun ada yang disebut sebagai kontraktor utama.
Tugas-Tugas Kontraktor Utama
Kontraktor utama berbeda dengan pemborong yang. Jika pemborong adalah orang yang bertugas menggarap bangunan di lapangan, maka kontraktor utama adalah orang yang ditunjuk dalam menjalankan proyek dari owner. Mereka haruslah orang yang memiliki komunikasi yang baik, sehingga bisa lancar berkomunikasi dengan owner maupun pemborong di lapangan. Mereka juga adalah orang yang bisa memimpin jalannya pembangunan supaya proyek selesai dengan benar sesuai keinginan owner.
Kontraktor Utama
Bisa dibilang, kontraktor utama adalah mereka yang melakukan kesepakatan di dalam surat kontrak. Ketika mereka mendapatkan proyek dari owner, mereka bertugas mencari pemborong untuk mengerjakan prosesnya. Mereka pula yang harus bisa membimbing pemborong supaya proses penggarapan gedung, rumah, atau bangunan apa pun itu selesai dalam jangka waktu yang ditentukan, dengan bentuk atau rupa yang tertulis seperti pada kesepakatan.
Tidak heran jika kontraktor utama haruslah memiliki skill untuk mengambil keputusan jika ada masalah, dan mampu memberi bimbingan baik itu kepada owner maupun pemborong. Hal inilah yang membuat mereka harus berpengetahuan luas dan mengerti seluk beluk pembangunan secara luas.
Lalu, bagaimana cara Anda menemukan kontraktor utama yang terpercaya dan yakin 100% mereka akan mengerjakan proyek dari Anda dengan benar? Salah satunya yakni bekerja samalah dengan perusahaan Jasa Konstruksi yang sudah memiliki reputasi baik, perusahaan seperti ini tentunya sudah memiliki kontraktor utama yang berpengalaman. Bisa juga Anda melihat portofolio mereka untuk mendapatkan detail atau contoh garapan proyek mereka sebelumnya.
Apabila menemukan kontraktor utama proyek yang tepat, jangan lupa menanyakan detail seperti berapa jumlah pekerja yang dipakai, bahan apa saja yang digunakan, dan lain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates: