Perhitungan Konstruksi Baja Gudang Pada Bagian Atap Dan Dinding

Perhitungan konstruksi baja gudang pada material konstruksi dengan sifat struktur baik sudah mulai marak sejak abad ke-19. Sifatnya yang memiliki kekuatan tarik dan kekuatan tekan yang seimbang, sekaligus fleksibel pada konstruksi membuat baja akhirnya diproduksi secara massal. Secara perbandingan, dengan kekakuan yang sama, baja memiliki berat yang jauh lebih ringan daripada beton. Sebagai contoh dalam perhitungan konstruksi baja gudang berikut ini.
Untuk membuat konstruksi baja gudang, hal pertama yang masuk tahap perencanaan adalah bagian atap. Bagian atap meliputi merencanakan pola beban, dan melengkapi data perencanaan. Untuk pola beban terbagi menjadi menghitung beban mati atau beban profil, beban hidup yaitu beban pengikat dan beban terpusat, dan beban angin yang menghitung beban tekanan angin dan beban angin hisap. Semua variabel kemudian dihitung berdasarkan peraturan pembebanan Indonesia untuk gedung. Lanjut ke data-data perencanaan yang meliputi jenis atap, tebal atap, berat, lebar dan kedalaman gelombang, jarak miring gording dan kuda-kuda, sekaligus sudut kemiringan atap.
Perhitungan Konstruksi Baja Gudang
Lalu untuk perencanaan dinding Perusahaan Kontraktor meliputi data-data perencanaan dan perencanaan regel balok. Data-data perencanaan merupakan data dinding yang meliputi jenis, tebal, berat dinding, kedalaman gelombang, jenis kolom dinding, jarak gording dasar L1, dan L1 dasar. Dilanjutkan dengan perencanaan regel balok dengan menghitung berdasarkan profil WF dan perencanaan pembebanan yang terdiri dari beban mati dan beban angin. Perhitungan konstruksi baja gudang ini merupakan perhitungan awal yang bisa saja berubah jika ada variabel lain yang harus dimasukkan. Tentu masih banyak aspek yang belum terliput dalam pembahasan kali ini karena memang keterbatasan. Jika ingin melihat contoh hitungan yang lengkap, Anda bisa langsung mengunduh file akademik dari portal-portal online. Di sana akan disajikan informasi lengkap seputar langkah-langkah perhitungan untuk konstruksi baja gudang.
Kurang lebih seperti itu gambaran awal mengenai perhitungan konstruksi baja gudang yang bisa Anda ketahui. Pembahasan di atas hanya menyinggung sedikit pada perencanaan atap dan dindingnya saja. masih banyak variabel lain seperti fondasi yang tentu membutuhkan perhitungan yang panjang juga.

Subscribe to receive free email updates: