Perusahaan Konstruksi Bangunan Bertingkat Tahan Gempa Di Indonesia

Bangunan tahan gempa, salah satu perusahaan konstruksi bangunan bertingkat yang bisa diterapkan di Indonesia. Saat mendengar kata konstruksi, rasanya tidak asing di telinga. Terlebih bagi mereka yang memang bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Konstruksi sendiri merupakan suatu model atau tata letak dari suatu bangunan, jalan, atau jembatan.
Nah, beberapa konstruksi bangunan terbaru mulai diteliti apakah cocok untuk dibangun di Indonesia? Salah satu perusahaan konstruksi bangunan bertingkat yang tak henti dibicarakan adalah bangunan tahan gempa. Sebenarnya, bangunan ini sudah mulai diimplementasikan oleh para nenek moyang nusantara melalui rumah-rumah tradisional dan saat ini, bangunan modern pun sudah banyak yang mempertimbangkan konsep bangunan tahan gempa.
Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat rawan akan terjadinya suatu bencana alam berupa gempa bumi. Oleh sebab itu, bangunan tahan gempa dianggap sebagai solusi untuk daerah yang memang rawan terhadap gempa. Saat merencanakan sebuah bangunan yang satu ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah tanah yang merupakan tempat dibangunnya bangunan tersebut. Tanah tersebut harus memiliki kepadatan cukup baik, keras dan tidak porus. Sehingga, getaran yang terjadi saat gempa tidak mengubah permukaan tanah.
Perusahaan Konstruksi Bangunan Bertingkat
Selain itu, perusahaan konstruksi bangunan bertingkat ini harus memiliki denah rumah yang simetris dan sederhana. Hal ini dikarenakan, bentuk yang simetris membantu untuk memperkokoh struktur dan membuat penyebaran gaya merata. Bangunan yang memiliki struktur ini dapat menahan gaya gempa lebih baik, karena kurangnya efek torsi dan kekuatan yang lebih merata.
Kunci utama dalam pembuatan sebuah bangunan tahan gempa oleh Kontraktor BUMN terletak pada strukturnya. Di mana, struktur bangunan ini harus bisa menyalurkan gaya inersia gempa ke pondasi dan ke tanah. Hal ini akan membuat tingkat fleksibilitas dari struktur bangunan gempa sangatlah penting.
Bangunan tahan gempa yang memang sudah banyak diimpelementasikan ini pada dasarnya sudah diperkenalkan oleh nenek moyang pada sebuah bangunan tradisional. Bangunan tahan gempa merupakan salah satu perusahaan konstruksi bangunan bertingkat yang sedang marak dikembangkan.

Subscribe to receive free email updates: