Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Jasa Konstruksi Langkah Dan Cara Memulai Mendirikan

Ingin mendirikan sebuah usaha jasa konstruksi namun masih bingung mau memulainya dari mana? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasinya untuk Anda tentang bagaimana cara yang tepat untuk Anda lakukan dalam mendirikan sebuah usaha jasa konstruksi.
Ada beberapa hal yang Anda harus siapkan dan perlu Anda perhatikan dalam mendirikan usaha jasa konstruksi. Dengan mengetahui semuanya maka pendirian usaha Anda akan semakin lancar dan pastinya tidak akan membuat Anda mengalami hambatan apapun!
Cara Memulai Mendirikan usaha jasa konstruksi dari Nol :
1. Pastikan memilih jenis usaha yang Anda inginkan secara selektif
Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang dapat Anda dirikan. Anda bisa membuka usaha jasa konstruksi, pekerjaan konstruksi atau layanan terpadu di bidang konstruksi. Baiknya sebelum membuka usaha jasa konstruksi, Anda harus tahu jenis badan usaha apa yang ingin Anda dirikan.
2. Cari tahu klasifikasi usaha jasa konstruksi Anda
Jika Anda memang merupakan seorang kontraktor, klasifikasi yang dimaksud adalah berupa konstruksi bangunan, usaha jasa konstruksi, konstruksi sipil atau konstruksi khusus. Anda juga perlu memilih sub klasifikasi bisnis Anda agar bisnis yang Anda jalankan nantinya bisa lebih terarah.
Carilah partner lokal bisnis yang Anda jalankan
Dikarenakan adanya suatu peraturan dalam kepemilikan, maka Anda perlu mendirikan suatu perusahaan dengan warga lokal. Struktur yang semacam ini dikenal sebagai PT-PMA atau perusahaan joint venture.

3. Pastikan mendapat KTA
KTA ini merupakan kartu tanda anggota asosiasi konstruksi. Beberapa keanggotan diantaranya Gapeksi (Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia), Gapenri (Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia) dan Inkindo (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia).
4. Miliki sertifikasi yang dibutuhkan
Sebagai suatu perusahaan Kontraktor ME, tentunya Anda harus memiliki SBU (Sertifikat Badan Usaha). Anda bisa mendapatkan SBU dari LPJKN atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.
Itulah bagaimana cara memulai mendirikan usaha jasa konstruksi dari nol. Dengan menyiapkan semuanya tentu jasa Anda akan lebih terarah.