Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Pph Jasa Perencanaan Konstruksi Di Jakarta

Jasa perencanaan konstruksi di Jakarta sama halnya dengan pekerjaan di bidang lain yang dikenai pajak, jasa ini juga dikenai pajak. PPh jasa perencanaan konstruksi di Jakarta memiliki tarif yang sangat variatif. Semua itu juga sebenarnya tergantung atas kualifikasi dari usahanya.
PPh atas jasa konstruksi sendiri memiliki tata pengaturan yang tepat. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008 dibahas tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha Jasa Konstruksi dimana jasa konstruksi diartikan sebagai suatu layanan jasa yang mengatur tentang berbagai produk konstruksi.
Informasi selengkapnya mengenai bagaimana cara menghitung PPh jasa perencanaan konstruksi di Jakarta, berikut informasi selengkapnya yang penting Anda tahu!
Cara Menghitung PPh jasa perencanaan konstruksi di Jakarta
Mengacu pada PP nomor 5 Tahun 2008, tarif jasa konstruksi terbagi ke dalam lima aspek diantaranya yaitu :
1. Sebesar 2% untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa yang memiliki kualifikasi sebagai usaha kecil.
2. Sebesar 4% untuk tata laksana konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki suatu kualifikasi usaha.
3. Sebesar 3% untuk pelaksanaan konstruksi yang memang dilakukan oleh penyedia jasa selain penyedia jasa sebagaimana yang telah dimaksud didalam poin A dan juga poin B.
4. Untuk akses jasa perencanaan konstruksi atau pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa dengan kualifikasi usaha, jumlahnya sebesar 4%.
5. Untuk suatu perencanaan konstruksi atau pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki kualifikasi usaha sebesar 6%.
Dari uraian diatas, kita dapat melihat bahwa tarif yang dikenakan sangat variatif juga tergantung terhadap bagaimana kondisi penyedia jasa konstruksi. Semisal jika memang penyedia jasa konstruksi memiliki kualifikasi usaha kecil, maka pada akhirnya tarif yang dikenakan menjadi sebesar 2%.
Hal yang semacam ini dilakukan oleh pemerintah demi mendorong setiap penyedia jasa konstruksi supaya mereka dapat melakukan segala macam upaya demi mengembangkan perusahaannya untuk menjadi jauh lebih baik lagi.
Demikian cara menghitung PPh jasa perencanaan konstruksi di Jakarta yang harus Anda tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda sekaligus menjadi informasi yang inspiratif.