Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perusahaan Konstruksi Bangunan Gedung Yang Wajib Kalian Ketahui

Perusahaan konstruksi bangunan gedung adalah istilah yang mungkin asing bagi kita. Ketika mendengar kata Kontruksi bangunan, maka yang terpikir yakni bangunan rumah, gedung, dan ruko. Ternyata terdapat beberapa bagian kontruksi bangunan yang wajib diketahui oleh kalian. Berikut penjelasannya.
1. Bangunan Bagian Bawah
Bagian ini ialah suatu bagian pada bangunan yang terletak dibagian bawah permukaan tanah. Apabila kalian mengira lantai adalah bangunan bagian bawah, ternyata kalian salah. Pada bawah lantai masih terdapat bagian dari bangunan yang sangat mendukung kokoh atau tidaknya suatu bangunan. Nah berikut ini adalah bagian yang ada di bawah bangunan.
2. Fondasi
Fondasi adalah bagian dari perusahaan konstruksi bangunan gedung yang langsung berhubungan dengan tanah. Karena fondasi bangunan terhubung langsung dengan tanah, hal ini sangat berguna untuk menahan seluruh beban bangunan, supaya bisa berdiri kokoh serta meneruskan beban tersebut ke tanah keras di sekelilingnya.
3. Balok Sloof
Balok sloof akan terlihat dengan bentuknya yang berupa balok mendatar, tepat di dekat fondasi. Bagian ini bertumpu pada fondasi staal pada bagian atas. Fungsinya pun tak kalah penting. Bagian ini akan mangikat setiap bagian bawah sampai setiap kolom untuk menunjang fondasi bangunan. Fungsi lainnya yakni untuk menahan beban bangunan agar tetap rata serta bisa mengurangi differential settlement.
4. Bangunan Bagian Atas
Bagian ini adalah bagian pada perusahaan konstruksi bangunan gedung yang ada di atas permukaan tanah atau lantai. Bagian atas ini menunjukkan fungsi dari tujuan bangunan didirikan. Berikut adalah bagian-bagian atas bangunan.
5. Dinding
Dinding atau yang biasa disebut tembok, terletak setelah balok sloof. Fungsinya sebagai penutup bagian interior dari suatu bangunan, sebagai partisi ruangan di dalam bangunan, sebagai pendukung estetika bangunan, dan juga sebagai penahan beban bangunan bagian atas. 
6. Ring Balok atau Kolom
Ring balok atau kolom adalah bagian seperti tiang yang terdapat diantara setiap dinding yang berbeda. Berfungsi sebagai tumpuan dari perusahaan konstruksi bangunan gedung bagian atap, dan mampu mengikat pasangan dinding yang berbeda agar bangunan tersebut tidak runtuh.
7. Ventilasi
Ventilasi adalah pintu, jendela, atau lubang udara yang ada pada dinding bangunan. Atau bisa diartikan lubang tempat keluar masuk udara dari eksterior rumah.
Sekian pembahasan mengenai bagian-bagian pada perusahaan konstruksi bangunan gedung yang wajib kalian ketahui. Semoga bermanfaat. Terima kasih.