Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting Mengenai Pph Tarif Jasa Konstruksi Harus Tahu

PPh tarif jasa konstruksi merupakan suatu komponen pajak penghasilan yang dikenakan pada suatu usaha yang bergerak dalam bidang konstruksi. Tarif yang kemudian dibebankan tergantung atas cakupan atau kualifikasi usaha penyelenggara jasa.
Nah, agar Anda bisa lebih paham tentang jenis pajak ini, ada beberapa hal penting yang Anda harus pelajari. Berikut informasinya untuk Anda!
Hal Penting Tentang Tarif Jasa Konstruksi yang Perlu Diketahui
Dasar hukum tarif jasa konstruksi
Dalam Undang – Undang Pajak Penghasilan yang diatur dalam UU nomor 7 tahun 1983 yang kemudian diubah menjadi UU Nomor 36 Tahun 2008 pasal 4 ayat 2 tertera bahwa penghasilan yang berupa suatu tarif jasa konstruksi pada akhirnya akan dikenai dengan tarif final.
Karena itu, perlu perlakuan yang berbeda dalam pengenaan pajaknya. Kemudian, pemerintah menerbitkan PP nomor 51 tahun 2008 yang mengatur mengenai Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari tarif jasa konstruksi yang dibebankan.
Tarif jasa konstruksi
Mengenai seperti apa tarif jasa konstruksi untuk PPh yang dibebankan kepada wajib pajak ditentukan berdasarkan klasifikasi usahanya.

Untuk klasifikasi usaha kecil tarifnya sebesar 2% yang bersifat final, usaha kecil menengah dan besar sebesar 3% yang bersifat final dan untuk perencanaan serta pengawasan, tarifnya sebesar 4% yang juga bersifat final.
Sementara untuk PPh atas kontraktor yang tidak memiliki klasifikasi usaha bersifat final dengan tarif sebesar 4% untuk pelaksanaan konstruksi dan sebesar 6% untuk perencanaan dan pengawasan.
Tata cara pemotongan pajak
Ada dua hal yang sangat penting untuk diperhatikan terkait dengan cara pemotongan PPh. Yang pertama bahwa jika pengguna jasa merupakan suatu badan pemerintah atau instansi, subjek pajak badan dalam negeri, bentuk usaha tetap atau wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak, maka PPh akan dipotong oleh pengguna jasa ketika uang muka dibayarkan dan termin diberlakukan.
Itulah berbagai hal penting mengenai tarif jasa konstruksi yang Anda harus tahu. Pahami dan penuhi PPhnya sesuai aturan yang diberlakukan.