Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Jasa Konstruksi Bangunan Terdiri Konstruksi Bangunan

Saat ini usaha jasa konstruksi bangunan sudah tidak asing lagi di dengar. Menurut kamus bahasa Indonesia konstruksi berarti tata letak atau model suatu bangunan. Menurut para ahli konstruksi ini merupakan rangkaian kegiatan yang membangun sebuah sarana atau prasarana. Jadi dapat diartikan kalau konstruksi ini sebuah bangunan yang terdiri dari bagian yang terstruktur.
Pada kesempatan kali ini akan membahas jenis usaha jasa konstruksi bangunan yang perlu anda ketahui, berikut ini ulasannya :
1. Usaha jasa Konstruksi Rumah
Konstruksi rumah merupakan salah satu yang paling umum ada di kota besar atau daerah. Konstruksi bangunan rumah ini mulai dari fasilitas umum seperti bangunan sekolah, bangunan institusi, tempat wisata dan lainnya.
2. Usaha jasa Konstruksi teknik
Konstruksi teknik dalam bangun usaha jasa konstruksi bangunan merupakan sebuah konstruksi yang melibatkan struktur yan terencana dan memiliki desain khusus yang dibuat demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki hubungan dengan infrastruktur. Konstruksi ini dibagi menjadi dua yaitu konstruksi berat dan konstruksi jalan.
Konstuksi jalan ini merupakan proyek yang meliputi dari penggalian, pengurukan dan pengerasan jalan. Proses pembangunan ini direncanakan oleh pihak departemen pekerjaan umum setempat. Kalau konstruksi berat ini merupakan sebuah proyek negara seperti pembangunan bendungan, pemasangan pipa, transportasi air dan udara. Semua biaya pembangunan ini ditanggung oleh pemerintah dan pihak swasta yang diajak kerjasama.
3. Usaha jasa konstruksi bangunan
Pada tahap pembangunan proyek ini membutuhkna persyaratan dan spesifikasi khusus. Proses perancangan dan pelaksanaan membutuhkan sebuah keahlian dan ketelitian serta membutuhkan teknologi modern. Proses pembangunan yang dilakukan dalam usaha jasa konstruksi bangunan ini melalui beberapa tahap mulai dari perencanaan, rancangan atau desain, pelelangan atau pengadaan dan tahan pelaksanaan.
Pada tahap perencanaan maka penetapan garis besar rencana pembangunan dilakukan mulai dari perekrutan pihak konsultan. Pada tahap ini melakukan briefing, tes kelayakan proyek, memilih desain yang tepat, program biaya dan financing.
Pada tahap selanjutnya perancangan desain yang nantinya akan dilakukan dalam 3 periode yaitu periode pra rancangan, pengembangan rancangan dan periode desain akhir. Selanjutnya tahapan pengadaan dan tahap terakhir pelaksanaan pembangunan konstruksi harus sesuai dengan konsep desain yang sudah disepakati.
Demikianlah beberapa jenis usaha jasa konstruksi bangunan yang perlu anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang apa saja jenis konstruksi bangunan.